71 KM Jalan Rusak Berat di Batanghari akan Mulus Lagi

- Kamis, 01 September 2022, 09:07 PM

- Pemkab Batanghari Gelontorkan Dana Rp 259 Miliar

MUARA BULIAN, BRITAIN.ID – Kepemimpinan M. Fadhil Arief – Bachtiar yang memenangkan Pilkada Kabupaten Batanghari pada Pilkada lalu, tahun ini menunjukkan percepatan signifikan untuk mewujudkan janji-janji politiknya. Sekadar diketahui, dalam satu tahun terakhir ini Pemkab Batanghari, yang dikomandani M Fadhil Arief sebagai bupati dan Bachtiar sebagai wakil bupati, kerap mendapatkan tudingan tak akan mampu membawa Kabupaten Batanghari menjadi lebih baik, sesuai dengan slogan arah baru Batanghari Tangguh.  

Kini, satu per satu tudingan miring itu dijawab oleh M. Fadhil Arief melalui kinerja pemerintahan Kabupaten Batanghari dengan menggelontorkan dana ratusan miliar rupiah untuk memperbaiki puluhan kilo ruas jalan yang rusak berat yang tersebar di desa-desa, agar nadi pekonomian masyarakat kembali pulih.

Seorang warga Dusun Kunangan Jaya I Desa Bungku, Widodo kepada Britain.id mengungkapkan keluh kesahnya hidup di desa yang miskin infrastruktur; jalan yang rusak parah, akses listrik yang terbatas dan ketiadaan sinyal selular untuk komunikasi. “Kalau dari dusun kami ke Bungku jaraknya sekitar 30 Km, kalau pake sepeda motor menghabiskan waktu lebih dari satu jam. Dan kalau ke Muara Bulian paling cepat tiga jam, itu pun kalau tidak hujan,” ungkap Widodo kepada Britain.id, Rabu (31/8/2022) yang lalu.

Kondisi ini dibenarkan oleh Kepala Dusun Kunangan Jaya I, Tukiman saat dikonfirmasi Britain.id, di hari yang sama. “Begitulah kondisi kami di sini. Tentu saja kami sangat berharap agar pemerintah segera membantu. Kalau jalan sudah bagus, saya yakin yang lain segera menyusul, karena mau bawa apa-apa kesini sangat sulit,” ungkap Tukiman.

Buruknya infrastruktur di Desa Bungku bisa mewakili keadaan di desa-desa lainnya yang bertahun-tahun tak tersentuh adilnya pembangunan. Barangkali dengan alasan tersebut, kepemimpinan Fadhil – Bachtiar memprioritaskan perbaikan jalan di desa-desa pada tahun 2022 ini. Angka yang digelontorkan khusus untuk perbaikan kerusakan berat tersebut tidak tanggung-tanggung, yaitu Rp 259 miliar. Semua dana itu bersumber dari APBD Kabupaten Batanghari, DAK pusat dan dana pinjaman yang diperjuangkan oleh Fadhil – Bachtiar.

Lantas, ruas jalan mana saja yang akan mendapatkan perbaikan? Dedi Susandi, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Batanghari membeberkannya kepada Britain.id, Kamis (1/09/2022). Menurut Dedi, target perbaikan jalan untuk tahun 2022 ini, total panjangnya adalah 71,144 km. “Ini merupakan perbaikan jalan yang rusak berat dan sedang, yang total perbaikannya sepanjang 71 km lebih. Perbaikan jalan ini berupa beton dan aspal,” ungkap Dedi.

Rincian sumber dananya, sebanyak 13 paket proyek perbaikan jalan berasal dari APBD Kabupaten Batanghari, tiga paket bersumber dari DAK, dan alokasi dari dana pinjaman sebesar Rp 184 miliar sebanyak 11 paket proyek.

Tahun ini, proyek perbaikan jalan tersebut di antaranya untuk ruas jalan Desa Kilangan – Bungku, Desa Pompa Air – Bungku. Kemudian dari simpang Kantor Camat Bajubang ke Desa Ladang Peris. Selanjutnya, perbaikan dari Desa Kubu Kandang hingga Desa Lubuk Ruso di Kecamatan Pemayung, dan Simpang Lubuk Ruso ke Desa Selat. Perbaikan juga menyentuh wilayah perbatasan dengan Kabupaten Muaro Jambi yaitu dari Suak Putat hingga Desa Pulau Raman. Perbaikan jalan tersebut, kata Dedi, akan terus berlanjut pada tahun 2024 mendatang.  (eso pamenan)


Tags

Brita Terkait

X