Dewan Muarojambi Soroti Tumpukan Sampah di Jalan Lintas Desa Pematang Gajah

- Selasa, 12 Juli 2022, 07:49 PM
istimewa

Muarojambi, Britain.id - Banyaknya tumpukan sampah yang berserakan di sisi kiri kanan jalan lintas  Desa Pematang Gajah Kecamatan Jambi Luar Kota mengeluar aroma yang tidak sedap menjadi sorotan DPRD Kabupaten Muaro Jambi.

 

Selain itu mengakibat genangan air pada ruas jalan ketika hari hujan. Sehingga harus dibangun  tempat pengelolaannya, reduce reuse recycle (TPS3R).

 

Demikian dikatakan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Muaro Jambi, Ulil Amri ketika turun kelokasi, Jum’at (12/07/2022).

 

Nanti dikoordinasikan dengan instansi terkait supaya membeli mesin untuk pengolahan sampah, mesin daur ulang, kalau suda jadi yang mengelolanya diserahkan ke pihak kelompok swadaya masyarakat setempat.

Sistem pengolahannya dengan teknologi mesin pencacah dan pengayak kompos sehingga lebih efektif dan efesien. Hasil sampah organik berupa kompos bisa digunakan untuk pupuk tanaman.

 

”Insya Allah tahun ini dibangun karena kalau dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Bukit Baling jaraknya sangat jauh belum lagi armda. Sekarang saja armada pengangkut sampah itu kurang. Namun nanti akan dikoordinasikan dengan  pihak terkait supaya armada itu ditambah,"katanya.

 

Sementara salah seorang warga setempat, NO merasa senang kalau dibangun tempat sampah yang menggunkan teknologi modern karena hHasilnya bernilai ekonomis, bisa menjadi penembah penghasilan warga disini, katanya.(Tim)


Tags

Brita Terkait

X