Hampir Tiap Hari Ada Pemotor yang Jatuh

- Kamis, 01 September 2022, 08:13 PM
Lobang yang cukup dalam menjadi sebab seringnya pemotor yang terjatuh

 

MUARA BULIAN, BRITAIN.ID – Setiap pagi dan sore merupakan aktivitas terpadat warga Kota Muara Bulian dalam berlalu lintas, termasuk saat jam istirahat sekitar pukul 12.00 – 13.00 Wib. Aktivitas rutin ini belakangan sangat terganggu oleh debu yang beterbangan di saat cuaca panas, dan jalan becek serta licin di kala hujan. Keadaan yang sangat tak nyaman bagi pengendara ini bukan terjadi di pelosok desa, melainkan dialami setiap hari di jantung kota Muara Bulian, tepatnya kawasan perkantoran di ruas Jalan Jenderal Sudirman. “Waktu hujan kemaren tu saya jatuh dari motor, karena jalan beton licin dan masuk lobang,” ucap Iswati, seorang siswi SMA. Keterangan dari sejumlah pedagang di sekitar lokasi tersebut mengatakan hampir setiap hari, ada pengendara bermotor yang terjatuh.

Buruknya kondisi jalan di depan Kantor Bakeuda Kabupaten Batanghari ini sudah berlangsung dua tahun terakhir. Bukan tak ada perhatian dari pihak Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Batanghari untuk memperbaiki jalan tersebut. Faktanya, upaya penimbunan lobang, pengerasan sampai pada tahap pengecoran beton sudah dilakukan Dinas PUPR Batanghari, namun tingginya intensitas arus lalu lintas serta beratnya tonase kendaraan, menyebabkan upaya perbaikan itu hanya bertahan dalam hitungan pekan saja.

Dinas PU Kabupaten Batanghari tidak bisa memperbaiki kerusakan jalan tersebut secara maksimal, karena terbentuk aturan, lantaran jalan yang rusak berstatus sebagai jalan nasional. Hal ini disampaikan Dedi Susandi, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Batanghari. “Ruas Jalan Jenderal Sudirman Tempino – Muara Bulian statusnya jalan nasional. Kondisi jalan terburuk di jalur dua itu yang dekat jembatan, serta banyak jalan berlobang di sepanjang jalan dua jalur. Perbaikan jalan dekat jembatan itu sudah berkali-kali kami lakukan penimbunan hingga beton. Memang perbaikan yang kami lakukan bersifat darurat, karena yang berwenang adalah pihak Balai Jalan,” ungkap Dedi.

Dedi menegaskan pihak PUPR Batanghari selalu berkoordinasi dengan PU Propinsi maupun Balai Jalan terkait ruas jalan provinsi dan ruas jalan nasional yang rusak. “Selalu kami koordinasikan, mudahan-mudahan segera diperbaiki,” ucap Dedi. (eso)


Tags

Brita Terkait

X