Horeee…. Jalan Muara Bulian – Tembesi Bakal Dua Jalur

- Kamis, 01 September 2022, 06:40 PM
Suasana kemacetan di ruas jalan Ma Bulian - Ma Tembesi, yang terjadi setiap hari.

MUARA BULIAN, BRITAIN.ID – Kabar menggembirakan! Bakal dibangunnya jalan dua jalur yang menghubungkan Kota Muara Bulian ke Muara Tembesi benar-benar kabar yang menggembirakan.

Betapa tidak, warga yang sering melintas di ruas jalan tersebut paham betul betapa sengsaranya melewati jalan tersebut dan terjebak kemacetan berjam-jam lamanya.

Bayangkan saja, ruas jalan berstatus jalan nasional yang hanya berjarak 17 km itu memakan waktu tempuh lebih dari 30 menit dalam kondisi normal. Saat arus lalu lintas padat merayap, walau pun menggunakan sepeda motor roda dua bisa memakan waktu tempuh hingga satu jam. “Itu pun yang bawa motor harus melewati bahu jalan, dan lihai menyalip di jalur kanan,” ucap Fajar, warga Muara Bulian yang rutin melintas di jalur tersebut. 

Kemacetan dan lamanya waktu tempuh itu, rerata disebabkan banyaknya ditemukan kondisi jalan yang rusak, sehingga kendaraan berbadan besar harus mengurangi kecepatan yang menyebabkan terjadinya iring-iringan panjang kendaraan. Kondisi ini menjadi lebih parah ketika ada satu saja truk yang mengalami kerusakan di badan jalan, maka potensi lumpuh total tak terelakkan.

Dari pengamatan Britain.id, sudah berkali-kali terjadi antrean kendaraan dan kondisi lumpuh total, yang menyebabkan pengendara tertahan hingga lebih dari 10 jam. 

Informasi dari diperoleh dari Dedi Susandi, Kepala Bidang Bina Marga

Dedi Susandi, Kepala Bidang Bina Marga

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Batanghari, membenarkan bahwa ruas jalan nasional tersebut akan diperlebar dan menjadi jalan dua jalur. “Iya, mau dibuat jalan dua jalur, itu pekerjaan itu pihak Balai Jalan dan Dinas PU Provinsi dan dibiayai oleh APBN,” ungkap Dedi.

 

Apakah pekerjaan pelebaran jalan tersebut dapat dilakukan tahun 2022 ini? Dedi menyebutkan bahwa proyek tersebut sudah masuk dalam perencanaan pekerjaan di tahun 2023. “Sekarang tahap perencanaan, dan proyek ini Insya Allah dimulai pada 2023,” kata Dedi.

Meski dibiayai oleh APBN, bukan berarti Pemkab Batanghari berpangku tangan dan APBD Kabupaten Batanghari tidak terbebani. “Memang proyeknya dibiayai oleh APBN, tapi untuk pembebasan lahan untuk pelebaran jalan menjadi beban APBD Kabupaten Batanghari,” tutur Dedi.

Nah terkait mata anggaran dan tanggung jawab pekerjaan pembebasan lahan itu, rupanya bukan menjadi tanggung jawab PUPR Kabupaten Batanghari, melainkan ranahnya Dinas Perkim Kabupaten Batanghari. “Silakan tanya lebih detailnya ke Dinas Perkim di Bagian Pertanahan,” saran Dedi.

Terlepas kapan pekerjaan pelebaran jalan itu dimulai, bagaimana respon warga di Kabupaten Batanghari? Seorang warga di Kelurahan Pasar Baru, Muara Tembesi senang mendapat informasi tersebut. "Alhamdulillah, akhirnya Tembesi bakal punyo jalan jalur duo," ucap Yan. Ia berharap kemacetan yang sering terjadi di kawasan Pasar PU bisa teratasi. Beberapa warga lainnya yang diwawancarai pun mengaku senang. "Sejak sering macet ni, banyak omset toko yang turun drastis, karna orang malas ke Tembesi," sebut Apri, seorang pedagang kain. (eso)


Tags

Brita Terkait

X