Oalaaaah ... Lorong di Samping Rumah Pribadi Bupati Gelap Gulita

- Rabu, 31 Agustus 2022, 09:20 PM

Dinas Perkim Batanghari: Tahun Ini Dapat 500 Titik Lampu Jalan

MUARA BULIAN, BRITAIN.ID – Persoalan yang  dihadapi Dinas Perkim Kabupaten Batanghari tidak hanya soal pengaduan warga tentang matinya lampu penerangan jalan (LPJ), namun masih sangat banyak ruas jalan di Kabupaten Batanghari ini yang tidak memiliki LPJ. Berdasarkan pengamatan Britain.id di lapangan serta informasi dari beberapa warga, di Kecamatan Muara Bulian saja masih banyak jalan-jalan desa dan kelurahan yang belum memiliki lampu jalan. Seperti halnya di Lorong H Bahrun dan Lorong Insyaf di RT 09 Kelurahan Rengas Condong, yang berlokasi di samping kediaman rumah pribadi Bupati Batanghari, M Fadhil Arief, saat ini masih gelap gulita tanpa LPJ. Selain itu, di jalur yang sudah memiliki LPJ juga masih memerlukan penambahan lampu penerangan, seperti di jalan yang menghubungkan Perumnas Muara Bulian ke Kelurahan Sridadi. Di beberapa titik masih gelap gulita sehingga rawan terhadap tindak kejahatan dan kecelakaan lalu lintas, mengingat arus lalu lintas di jalur ini semakin tinggi.

Kabar gembiranya, dapat dipastikan di tahun 2022 ini Pemkab Batanghari telah menganggarkan pemasangan LPJ di 500 titik yang tersebar di Kabupaten Batanghari. Informasi adanya penambahan LPJ ini diakui oleh Kepala Dinas Perkim Kabupaten Batanghari, A. Shomad kepada Britain.id, Rabu (31/8/2022) saat wawancara di ruang kerjanya. “Insya Allah, tahun ini juga ada penambahan 500 titik. Saya perkirakan dalam dua tahun ini target LPJ sudah di atas 80 persen. Anggaran ini murni dari APBD Batanghari,” ungkap Shomad.

Shomad meyakini dengan mengoptimalkan potensi yang ada di Perkim, saat ini keluhan warga soal padamnya LPJ sudah jauh berkurang. “Malah yang meningkat saat ini adalah permintaan warga minta lampu jalan. Seperti belum adanya LPJ di dua lorong itu, nanti akan kami upayakan adanya penambahan LPJ di sana, mengingat kita juga akan mendapatkan CSR berupa lampu jalan dari perusahaan,” kata Shomad.

Ia berharap CSR tersebut dapat direalisasikan tahun ini. “Tahun ini kita juga mudah-mudahan dapat CSR dari perusahaan. Sebagian dari perusahaan sudah janji, namun penyerahan barangnya belum. Barangnya sudah ready, baru berani kita sampaikan berapa titik yang akan mendapatkan penambahan LPJ,” tutur Shomad.

 

 

Hanya Memiliki 14 Petugas dan 1 Mobil Hidrolik

Lalu, dengan akan adanya penambahan 500 LPJ di tahun ini, bagaimana dengan pemberdayaan petugas dan peralatan yang ada? Cukup mengagetkan. Rupanya, untuk meng-cover pengaduan warga se Kabupaten Batanghari ini, Dinas Perkim hanya memiliki 14 petugas di lapangan dan satu unit mobil hidrolik.   

Tak heran jika petugas di lapangan kewalahan. Dapat dibayangkan dengan jumlah yang sangat minim itu meng-cover 120 desa dan kelurahan se Kabupaten Batanghari. “Saya tidak bisa juga mengatakan itu adalah kendala, inilah kemampuan kita saat ini, dan bagaimana cara mengoptimalkan potensi yang ada. Alhamdulillah, komplain terhadap lampu jalan sudah jauh berkurang, malah saat ini kebanyakan orang minta lampu jalan,” ucap Shomad.

Menjawab pertanyaan pamungkas di akhir wawancara, Shomad yakin pada 2024 persoalan kebutuhan LPJ di Kabupaten Batanghari bisa diatasi. “Insya Allah, yakin bisa,” katanya optimistis. (eso pamenan)


Tags

Brita Terkait

X