Ubaidillah: Banyak Perusahaan Kelola Lahan di Luar HGU

- Ahad, 11 September 2022, 02:02 PM
Ubaidillah, SH, Ketua Umum HIPMI Kab. Muaro jambi

MUAROJAMBI, BRITAIN.ID  - Ubaidillah, SH selaku Ketua Umum HIPMI Kab. Muaro jambi sebut banyaknya perusahaan- perusahaan di Muarojambi memiliki lahan yang dikelola,tidak sesuai dengan luasan izin HGU yang diberikan pemerintah, Sabtu, (10/9/2022).

Ubaidillah, SH yang sekaligus seorang Advokat menyebutkan, salah satu perusahan tersebut berada di wilayah terletak di Teluk Jambu Kec. Taman rajo Kabupaten Muarojambi, yang merupakan tempat kelahirannya.

Menurutnya perusahaan tersebut diduga belum memenuhi kewajiban sesuai dengan aturan yang ada, dan mendorong pemerintah untuk mengkaji ulang terkait perizinan Perusahaan-perusahaan tersebut dan melakukan pengukuran ulang terhadap HGU yang dimiliki perusahaan.

"Sebagai pemegang IUP mereka tidak menjalankan kewajiban sebagaimana yang di atur dalam undang-undang," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan banyak kewajiban terhadap masyarakat sekitar yang tidak dijalankan oleh perusahaan tersebut.


"Perusahaan perkebunan wajib memfasilitasi kebun masyarakat 20% dari total lahan yang dimiliki, terkait CSR dan tidak melakukan kemitraan dengan masyarakat, "ungkapnya kepada Britain.id.

Ia berharap pemerintah dan BPN Muaro jambi segera melakukan peninjauan ulang terhadap izin yang diberikan kepada perusahaan tersebut.

"Meminta kepada pemerintah untuk segera turun tangan menanggapi permasalahan yang terjadi, dan melakukan pengukuran ulang terhadap jumlah lahan yang dimiliki perusahaan," tandasnya. (wyu)


Tags

Brita Terkait

X